Hari ini Pembelajaran Matematika di Kelas XI IPS C, mulai dari pukul 12.45, yang mana ini jam rawannya siswa mengantuk, terkadang ketika saya sebagai guru menjelaskan pelajaran, ada yang menguap, ada yang sudah tidak fokus, ada yang sibuk dengan gadgetnya dan bahkan ada yang tertidur...Hadehhh anak zaman sekarang ya 😓😓😓😓
Pelajaran matematika sebenarnya mudah, kalo kita sebagai guru bisa mengajak siswa untuk belajar lebih bermakna, namun kali ini sangat menantang, yaitu PERKALIAN DUA MATRIKS.
hmmm sebenarnya materi ini cukup membingungkan ya, karena harus mengalikan antara elemen yang ada pada kedua matriks, kalo mengingat tahun-tahun sebelumnya yang belajar perkalian matrik suka bingung mengalikan bilangan yang ada dalam elemen matriks.
Diawal pelajaran saya menggali pemahaman siswa tentang materi sebelumnya yaitu tentang menentukan ordo pada suatu matrik, yang mana fungsinya supaya mereka nanti paham langka-langkah mudah agar tidak keliru dalam mengalikan elemen-elemaen antara dua buah matrik.
Saya menjelaskan kesiswa di papan tulis secara perlahan agar mereka memahami langkah-langkahnya.
sesi pertama mengenalkan syarat bahwa dua buah matrik bisa dikalikan jika jumlah kolom pada matrik pertama harus sama dengan banyaknya baris pada matrik kedua. Nah disini masi aman nihh....masih fokus.....😅😅😅😅
Mulailah kita menjelaskan bagaimana mengalikan matrik, dan ternyataaa.....mulai ada yang akan tumbang hehheeh.....mulai menguap dan merasa bosan.
Pada akhirnya saya sebagai guru berinovasi nih, untuk menguji pemahaman/penguasaan mereka pada materi perkalian matriks ini.
Saya membagi mereka kedalam 5 kelompok secara acak, dengan mereka menyebutkan angka 1 sampai 5. Setelah itu mereka berkumpul dikelompok sesuai dengan angka yang mereka sebut.
Kemudian mulailah saya membuka Aplikasi QUIZIZZ MASTERY PEAK. Dipermainan ini saya akan melihat penguasaan siswa terhadap perkalian matrik, sehingga mau tidak mau mereka secara berkelompok saling berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang ada. Permainan ini nanti ada beberapa titik yang mana mereka akan menenmukan games atau permainan selingan seperti tembak kelelawar ataupun mereka akan mendapatkan bantuan seperti menghapus jawaban yang salah dari salah satu batu yang mereka pecahkan.
Mereka sangat asyik bermain bahkan ada yang mondar mandir liat sudah berjalan sampe mana, karena kebetulan infokus kita lagi tidak ada, untuk menampilkannya. Bahkan ada yang teriak kesal karena kepencet jawaban salah oleh temannya. Dan akhirnya bel berakhir jam pelajaran sehingga games kita hentikan, dan dapatlah kita pemenangnya yaitu Kelompok 4
Diakhir Pembelajaran, saya merefleksikan permainan kami hari ini, menanyakan perasaan mereka dan mereka bilang seru dan katanya kalo bisa maen games terus nanti ya bu, supaya gak ngantuk. Oke Baiklah.
Keseruan Kami Pada hari ini bisa dilihat di reel berikut ini,
Check This Out
Matematika Ngebosenin??Yuk Main Dulu!! Klik Disini
Atau Bisa Play disini
